Gokilnya jadi SURVEYOR part 2

Hari ini hari terakhir kita survey, alhamdulillah akhirnya selesai juga,,tapi aq kurang 1 pelanggan sosial ding, tadi sih udah ke SMA ku tapi kesorean, haha ga papa lah besok aja..
Bener-bener blusukan hari ini, karena target kita hari ini adalah responden 450 VA, otomatisssss harus blusukan..keliling Solo muter-muter daerah yang gag aq kenal tengak tengok, begitu ada gang kecil berpotensi 450 VA banyak, langsuuuuuunngg beloookkkk..Butuh kesabaran ekstra memang kalo survey di daerah pemukiman padat kayak gini, harus siap ditolak, harus siap jaga diri, dan yang paling penting harus ngomong pake bahasa jawa krama kalo gag mau dianggap aneh. Hahahaaa..sungguh menakjubkan hari ini seharian masuk ke puluhan rumah-rumah orang yang kurang mampu dan membuatku bersyukur atas kehidupanku sekarang ini =)
Kali ini hal-hal aneh yang terjadi selama survey hari ini tu :
1.Kebetulan waktu cari gang, aq masuk ke gang kecil, sempit, rame, padet..ada bapak2 duduk di luar rumah sambil ngerokok, sasaran empuk buat ditanya2in nih. Pasang tampang manis, lalu sapaaaa.................anda tau reaksi bapaknya?? Dia hanya tetap merokok diam, cengingas cengingis lalu mengusir kita secara halus..... -.-
Coba kalo aq bilang ntar tak ada souvenir lampu, reaksinya pasti : langsung berdiri, senyum lebar, mempersilahkan masuk dan dibikinin minum!
2.Waktu kita mo survey tempat bersatpam banyak, salah satu satpam curhat tentang pelayanan PLN kan, tiba-tiba dia nanya ke Momon berapa biaya buat sambung baru sekarang??? katanya sekarang kan mahal, dan Momon menjawab : "Wah ya gag tau" Eeee tiba-tiba bapaknya menghentakkan spatu boots berhak tebalnya dan bilang "Loh kok gag tau gimana!" dengan nada agak nyentak, kita tau itu bercanda tapi sempet takut juga..hahahaha ya meneketehk paaaaaaaaaak pak, saya bukan pegawai PLN ni, cuma survey bosssss..hahahaha
3.Ini nih yang aq rasa sulit, survey pelanggan kategori SOSIAL. Critanya udah dapet inceran masjid kan, datenglah kita ke masjid, pertama tanya satpam, satpam suruh tanya ke kantor, yessss dapet angin segar nih ngalamat sukses ni, tok tok tok masuklah kita ke kantor tanya punya tanya jawab punya jawab eeeeeeee si pengurus masjid sebut saja Pak Melati bilang yang bayar listrik di sini bukan dia tapi dari pihak yang punya masjidnya yaitu perusahaan X yang ada di sebarang masjid. Kita disuruh menemui sebut saja Pak Mawar,orang yang ngurus listriknya masjid, ya sudaaaahhh kita jalan ke perusahaan itu dan tanya satpam, ya itu tadi sampe digetak segala, masuk kantor Pak Mawar, udah ngeluarin kuesioner juga, udah ngeluarin tenaga buat naik tangga dan membuat senyum termanis buat si bapak, eeee si bapak bilang kalo yang bayar listrik masjid bukan diaaaaa...huaaaaaarrgh! Lha terus siapaaaaaaaaa??? Kata si bapak yang ngurus udah dilempar ke yayasannya, dan katanya kantor yayasannya itu di timur masjid dan aq disuruh menemui Pak Melati, hadooooooooohhhhh iki piyeeeeeeee????? skalian saja bapak2 sekaliyan saya disuruh menemui tukang parkirnya masjid. Cape deh!!!
4.Baru kali ini ngerasin masuk kantor UPJ PLN Manahan, ketemu manajernya lagi..walopuuuunnn........
5.Aq jadi tau kantor perusahaan batik terkenal di Solo kayak apa..
6.Lagi2 survey di kampung emang aneh2 aja, ada satu rumah di pojokan yang aq survey, dan responden nya itu ibu2, kebetulan di sekitar situ lagi rame, waktu aq wawancara si ibu lha kok lama2 aq dikerumuni anak2 kecil dan ibu2 lain tetangga si responden, waduw3x, brasa artis yg lg kena paparazzi aja ni..hahaha, dan waktu aq ngasi lampu ke si responden, para tetangga bilang "weh, dike'i lampu ig", aaaaaaaahahahahahahaha , Ibu2, anda pengen ya??? sayang bu ini bukan rejeki anda..minta saja lampu yang saya kasi ke responden, hahahaahahaha
7.Kalo survey di kampung rawan paling males kan sebenrnya, tapi mo gimana lagi. Rasanya tuh pengen cepet2 kelar dan pergi, tapi bodohnya, si Momon lupa nempelin stiker di salah satu rumah responden di kampung rawan itu..hadooooooohh balik lagi dah kesana! untung aja gag apa2...hahaha
8.Berniat nyari bantuan dengan tanya ke seorang bapak2 bersinglet putih bercelana pendek, kita malah disuruh survey rumahnya yang di kos in  gag jauh dari tempat tinggalnya, katanya  Rumah kos an itu pake daya 450 VA,dan sering dapet masalah, horeee dapet rekomend kan, kita datengin rumahnya..hla tapi ko sepi amat ya, kayak g ada orang tapi kata bapaknya di situ banyak orangya, ya udah gag jadi disurvey aja, trus kita jalan kaki muter2 sekitar situ, nyuwun sewu nggih pak mboten sios kula survey, hahaahaha..Pas perjalanan balik ke motor kita berharap gag ketemu bapaknya dan ditanyain udah disurvey apa belum...pas perjalanan wadoh kita harus lewat rumah bapaknya, kita berharap "smoga bapaknya udah gag disitu", wah ternyata masih ada..trus kita pura2 aja gag ngliat bapaknya sambil jalan cepat smoga gag dipanggillllllllll...setelah beberapa langkah menjauhi rumahnya tiba-tiba "MBAK,SUDAH DISURVEY APA BELUM! SAYA TADI NGIKUTIN MBAKNYA EEE KOK MBAK NYA MALAH BABLAS!!!" Jeng jeeeeeeeeng!!!! hehehehehe, kita cuma bisa pringas pringis dan bilang "engga usah pak, gag orangnya makasih" lempar senyum lagi lalu, kaburrrrrrrr...hahahahaahahahaha
9.Di suatu kampung agak kumuh di tepi sungai nan rusuh di situ banyak anak kecil lagi maen di tengah jalan, nah si MOmon kan giginya dikawat tuh, tiba-tiba ada seorang anak kecil bilang "Mbak e UNTU WESI", waaaaaaaaaaaakakakakakakaka UNTU WESI =GIGI BESI, hla kalo momon pake kawat gigi aja dibilang untu wesi, gimana ibunya yang tadi pake 2 gigi palsu dari perak ya??? bisa dibilang untu KAPAK! aaaaaaaahahahahaha
10.Waktu survey di rumah berikutnya yang masih satu kompleks dengan rumah responden sebelumnya, aq merogoh kantongan jas alma dan tak ada bolpen di sana, alhasil aq pinjem momon dulu..di tengah survey tiba2 ada ibu2, "Mbak ini bolpennya ketinggalan tadi " huaaaaa..maaf buuuu maaf banget, saya gag sadar..baik banget ni si ibu mau balikin bolpennya, yang anehnya lagi kok ibunya tau aq survey di rumah itu?? jangan-jangaaaaaannnn ibunya ngikutin aq gitu deh, hahahaahahahaha, kalo aq jadi ibunya, bolpennya bakal tak pake dan g tak kembaliin..

Sebenarnya masih ada cerita konyol lagi tapi aq lupa, haha sekian aja yah...
Dan huaaaaaaahhhh akhirnya selesai juga survey kali ini, banyak banget pengalaman berharga, kejadian konyol bikin ketawa, daaaaannnnnnnn sebagainyak!  Smoga survey2 di taun depan bisa lebih baik dan semakin terkoordinir lagi..
Dan besok saatnyaaaaaaaa...refreshiiiiiiiiiiiiiiiiinggggggg, jalan jalaaaaannnn jalan jalaaaaaannnnnnnnn! Horeeeeeeeeeeeeee!!!!

Share:

2 comments