KaPe @INDOSAT JOGJA



KaPe a.k.a Kerja Praktek
Agenda mahasiswa setelah KKN biasanya adalah KP, dan aku mengambil KP di PT.INDOSAT,Tbk Yogyakarta. Aku duet bersama Annacardiana Sekarsari a.k.a Mete dan KP kami berlangsung dari tanggal 3 September sampai 3 Oktober 2012, yap sebulan. Di sini kami mengambil tema mengenai Core Network dan memfokuskan pada komunikasi data yaitu SGSN.
Ini adalah sedikit gambaran Interface GPRS

source : pemogramanbascom.blogspot.com

Sekedar pengetahuan aja untuk yg pengen ngerti akan aku jelasin singkat aja dengan bahasa manusia, bukan bahasa telekomunikasi. GPRS tau lah ya, nah GPRS ini adalah generasi yg memungkinkan komunikasi untuk akses data. Jadi kalo kita mau internetan di handphone maka GPRS ini adalah syarat wajib dipunyai di ponsel kita. Interface GPRS ada di gambar atas. Di gambar menjelaskan kalo MS (mobile station, contohnya hape) akan mengakses data maka dia akan terhubung dengan BTS terdekat terlebih dahulu, kemudian BTS ini menyambungkan ke BSC, lalu BSC ke SGSN, nah di SGSN ini profile MS kita akan dideteksi, nomer kita berapa, identitas MS kita seperti apa, lokasi MS kita dimana, mengatur billing, ya simpelnya seperti itu tapi masih banyak lg fungsinya tentu lebih detail. Kemudian SGSN akan menghubungkan ke GGSN, GGSN ini gerbangnya untuk menuju ke public data network, gampangannya ya dunia internet. Setelah diolah dan sebagainya di GGSN maka MS kita akan terhubung ke jaringan data dan kita bisa internetan deh. Simpelnya seperti itu.
Oke sekian aja pengenalan KaPe dan permukaan materinya, monggo kalo salah bisa dikoreksi via komen di bawah, matur nuwun :)

Share:

1 comments