Behind the scene Makalah Diklat Prajab : Knowledge Management System

Sebagai seorang calon pegawai salah satu syarat untuk pengangkatan pegawai adalah menulis makalah yang berhubungan dengan unit kerja masing-masing. Dan kali ini saya sebagai IT officer mengambil tema mengenai Knowledge Management System.
Jujur saja awalnya saya sangat blank akan makalah apa yang harus saya buat, karena saya bukan orang dengan background IT namun saya bekerja di bidang IT. Beberapa tema melintas di pikiran, bahkan saya sudah sempat memutuskan tema yang saya kerjakan dan sudah mencari data dukung dan referensi, namun seiring berjalannya waktu dan tingkat kesulitan yang menurut saya cukup tinggi maka saya putuskan untuk ganti tema, kira-kira sudah sekitar 3 kali saya ganti tema, maklum newbie hehe.
Pada akhirnya saya putuskan mengambil tema Knowledge Management System dan memfokuskan pada perancangannya. Waktu penulisan yang saya miliki hanyalah 2 minggu, sebenarnya 1 bulan tapi karna gonta ganti tema akhirnya saya hanya punya sisa waktu 2 minggu untuk mengerjakannya haha. 
Saya sangat minder saat itu, karena satu-satunya calon pegawai IT dengan background non IT hanyalah saya. Pada akhirnya saya benar-benar harus belajar dari nol untuk mengerjakan makalah ini, karna saya belum pernah yang namanya merancang software, saya harus belajar sendiri dan juga tanya sana sini, diskusi dan brainstroming kemana-mana. Oiya, saya sangat berterima kasih pada teman-teman dan juga senior saya yang sudah membantu saya (berasa kata pengantar ya,haha).
Selama mengerjakan makalah munculah berbagai ketakutan, akankah makalah ini selesai tepat waktu? apakah tema yang saya ambil ini menarik? apakah makalah yang saya buat ini benar? bagaimana nanti kalau saya diuji dengan pertanyaan2 teknis yang IT banget? bagaimana kalau di sidang nanti saya dibantai? bagaimana kalau saya tidak lulus? apakah saya bisa menyelesaikannya?
Entah mengapa saya sangat berani mengambil tema dan judul yang jelas-jelas saya belum pernah menyentuhnya, saya akui saya memang terlalu, tapi kalau tidak dicoba apa saya bisa sejauh mana kemampuan saya?! Karna dari awal saya pernah berkata pada diri saya bahwa selama bekerja saya harus bisa berkembang menjadi semakin baik.

Setelah berbagai perjuangan hingga lembur, alhamdulillah makalah berjudul PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SARANA MEWUJUDKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT YANG EFEKTIF DI PT ANGKASA PURA I (PERSERO) berhasil saya presentasikan di depan para penguji.

Berikut adalah sekilas presentasi makalah saya yang sangat sederhana: