Jalan sore di kawasan Masjid Akbar Kemayoran

Jalan-jalan sore kali ini sebenernya unplanned, karna lagi suntuk dan kebetulan salah satu teman saya, Kiky, mengajak saya jalan-jalan ke daerah yang namanya Jiung, sayapun mengiyakan ajakannya. 
Weekend terakhir di bulan Februari, menandakan setahun sudah saya berada di Jakarta namun saya belum pernah menjamah Masjid Akbar Kemayoran dan sekitarnya, terlalu memang haha, maklum anak rumahan. Dan saya merasa beruntung ada Kiky si anak bolang yang doyan dolan mengajak saya ke sini, tepatnya di pasar sore di kawasan Masjid Akbar Kemayoran.

Pasar sore ini bisa dibilang pasar kaget, karena memang di siang hari lokasi pasar ini jalan. Setiap sore para pedagang bergegas mendirikan tenda, menggelar dagangan dan berlomba mencari pembeli di kawasan sekitar Masjid Akbar Kemayoran, yaaa kalo dibayangkan seperti Sunday Morning UGM (anak gaul Jogja pasti tau hihi). Barang yang dijual beraneka ragam mulai dari baju, sepatu, sandal, jilbab, power bank, karpet, makanan, jajanan, minuman, lengkap. Pasar ini beroperasi dari pukul 5 sore dan akan sangat rame pada malam harinya.

Jalan-jalan sore kali ini sebenernya lebih ke kulineran sih haha, maklum kelaparan. Dan kuliner pertama yang kami santap adalah Bakso Wonogiri di Jalan Apron, dan kami memesan semangkok bakso keju. Selesai makan, kami pun memarkirkan motor di area parkir Masjid Akbar dan kemudian masuk ke masjid karna saya belum pernah sama sekali ke masjid ini (terlalu memang). Seperti masjid-masjid yang lain rumah Allah yang satu ini juga menyuguhkan kesejukan yang menenangkan, adem di hati, subhanallah. Masjid ini sangat luas dan megah dengan arsitektur yang indah. Dan inilah hasil jepretan Masjid Akbar Kemayoran
Masjid Akbar Kemayoran

Arsitektur nan indah
Bedug yang berada di halaman depan masjid

Ruangan masjid
Menara masjid



Selesai menikmati sejuk dan damainya masjid, kami beranjak untuk melanjutkan jalan sore kami, dan kami berhenti di sudut pasar sore (seberang pojokan Indogrosir) yaitu Sop Duren, tujuan utama kami haha. Dari kejauhan kios kaki lima ini sungguh menggoda, duren-duren matang bergelantungan seakan menggoda kami untuk menghampirinya. Tanpa basa basi saya memesan sop duren jelly, sedangkan Kiky memesan sop duren buah naga. Dahsyat sekali memang jajanan di kios ini, baunya gak sopan, membuat kami harus menelan ludah berulang kali hahaha. Dan tak lama pesanan kami datang, oiya kami menambah orderan yaitu Pancake Duren, mantaaaabbbb. Dan inilah diaaaa......
Atas : Sop Duren Buah Naga, Bawah : Sop Duren Jelly, Kanan : Pancake Durian

Terlalu enak untuk dilihat

Lembutnya durian dalam pancake
Saya yakin sekali anda para penikmat durian pasti sudah menelan ludah kan??!! Hahaha. Harga seporsi Sop Duren yang kami pesan di atas adalah 13 rb rupiah dan untuk pancake durian seharga 12 rb rupiah, sangat murah untuk membayar rasa yang saaaangattt nikmat (gak bermaksud lebay atau promosi,hihi). Durian di Sop Duren sangatlah lembut dan rasanya pas, tidak terlalu manis, pancake duriannya pun juga. Oiya ada 2 jenis pancake durian, ada yang harga 10rb dan harga 12 rb, tentu tergantung dengan ukurannya. Trust me, this is really recommended!!!

Kelar dengan Sop Duren dan Pancake Duren, saatnya beralih menuju target makanan berikutnya. Target kami yang terakhir adalah Surabi Bandung. Surabi Bandung berada di dekat Masjid Akbar, saat saya kesana warung masih sepi dan serasa belum puas dengan durian, saya pun memesan surabi kuah durian+keju,haha benar-benar saya seperti sedang ngidam duren.

Surabi bandung kuah durian + keju
Buat saya dari surabi ini sedap namun biasa saja, karna kuah duriannya jelas terasa kalo ini bukanlah kuah dengan durian asli, namun dibuat dengan perasa durian (maklum abis makan duren asli, jelas banget bedanya). Untuk rasa surabinya gurih seperti rasa surabi biasa, ini enak but for me nothing special.

Pulang-pulang perut kami pun benar-benar penuh, sangat kenyang untuk 4 jenis makanan yang kami santap kurang lebih dalam waktu 3 jam. Weekend gak perlu jalan-jalan mahal, suasana yang berbeda, makanan yang baru dan murah, sangat cukup untuk membayar lelahnya kerja 5 hari :)
Happy weekend !

Share:

0 comments