Curug Omas Maribaya-Bandung

Di masa libur lebaran nanti, Curug Omas Maribaya bisa jadi satu alternatif objek wisata alam yang layak dikunjungi. Curug yang masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanga (TAHURA) ini berjarak sekitar 6 km dari Goa Belanda. Ketika masuk TAHURA akan ada banyak penunjuk arah ke berbagai tempat wisata yang ada di kawasan TAHURA seperti Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas Maribaya, Curug koleang, Curug Kidang, Curug Lalay, Penangkaran Rusa dll.

Untuk menuju ke Curug Omas kita mulai dari Goa Belanda terlebih dahulu, Goa Belanda tak jauh dari pintu masuk sekitar 1 km. 


Ada beberapa cara untuk menuju ke Curug Omas:
1. Jalan kaki
2. Menggunakan jasa ojek
3. Sewa motor ojek, bawa sendiri
Dan saya bersama keluarga memilih opsi ke-3 :))

Kami menyewa 2 motor ojek dengan membayar sewa 75rb rupiah per motor. Kami berboncengan dan saya yang membawa motor (padahal sudah lama tidak bawa motor) wkwkwk. Awalnya saya mengira medannya cukup mudah untuk dilalui karena para tukang ojek bilang jalannya tinggal lurus saja ngikutin jalan, karna itulah kami berani memutuskan untuk membawa motor sendiri. Taaapi ternyata kami salah, jalan yang kami lalui tak semulus yang kami kira. Jalan konblok banyak yang rusak, becek, licin ditambah medannya naik turun cukup berbahaya untuk dilalui, jalannya hanya cukup untuk 1 motor sehingga bila berpapasan dengan pemotor lain harus ada yang mengalah, karna sebenarnya ini jalan trekking,  saya harus ekstra hati-hati melalui jalan ini, apalagi saya menggunakan motor bebek bukan matic, harus pandai-pandai mengatur gigi. Saya tidak sempat mengambil foto kondisi jalan. Perjalanan melelahkan akhirnya kami sampai di pos parkir, perjalan belum selesai kita masih harus trekking sejauh kurang lebih 500 meter dengan medan menanjak. 
Warung dekat pos parkir

Pemandangan selama trekking
Jalan trekking

 Medan ini jauh lebih lumayan daripada jalan yang kita lewati sebelumnya dengan motor. Cukup melelahkan tapi sangat menyenangkan trekking dengan kanan kiri pepohonan rindang dengan udara sejuk menyegarkan.
Tante dan sepupu kesayangan :)

Curug Omas Maribaya
Another point of view
Menikmati dari balik jaring besi jembatan
 Setelah puas menikmati segarnya percikan air terjun dan berfoto bersama keluarga, kami pun balik ke Goa Belanda dan lagi-lagi harus naik motor melewati medan yang wow hahaha. Tapi saya bangga dengan diri saya sendiri, saya berhasil menaklukkan track yang cukup berbahaya dan melelah, ACHIEVEMENT UNLOCKED! 

Tak lupa berfoto dengan bapak ojek pemilik motor
Bapak ojek TAHURA saya salut sekali dengan bapak-bapak semua, mencari rizki halal dengan ojek bolak balik melewati jalur yang berbahaya dan melelahkan, entah berapa kali bapak-bapak semua bolak balik membawa penumpang, saya salut dan bangga pada bapak-bapak semua, semoga rizki yang didapat melimpah dan berkah.

Travel Tips :
# Kalo belum berpengalaman dan tidak ingin lelah, sangat tidak disarankan untuk membawa motor sendiri
# Gunakan sepatu olahraga/kets
# Jika membawa anak mending jangan jalan kaki, pake ojek saja, sekalian memberi rizki kepada bapak-bapak ojek

Sekian, salam jalan-jalan





Share:

0 comments